Sabtu, 07 November 2015

#SIP_Evolusi CBIS

Diposting oleh Unknown di 22.50


Sebelumnya saya telah membahas mengenai Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS), dan kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai evolusi-evolusi dari CBIS. Evolusi sistem informasi manajemen berdasarkan CBIS ini mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari hari, khususnya dalam bidang basis computer system. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memiliki integrasi antar sub sistemnya, dan memiliki tahapan perkembangan yang diawali dari berfokus pada data, berfokus pada informasi, berfokus pada komunikasi, dan berfokus pada konsultasi.

1.      Berfokus pada Data (EDP / SIA)
Nama aplikasi akuntansi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Dar Processing (DP) dan Sistem Informasi Akuntasi (SIA). SIA merupakan sistem informasi akuntansi yang melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi.
·      Pengolahan data, manipulasi atau mentransformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
·     Tujuan pengolahan data yaitu untuk mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
·         SIA melaksanakan 4 tugas dasar, yaitu:
-          Pengumpulan data
-       Manipulasi data pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, Pengikhtisaran dan penyiapan dokumen
-          Penyimpanan data
-          Penyiapan data.
·         Karakteristik SIA yaitu melaksanakan tugas yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relatif standar, menangani data yang rinci, berfokus pada historis, menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.

2.      Berfokus pada Informasi (SIM)
Hasil gambar untuk gambar evolusi CBIS SIM
Menurut Raymond McLeod (1995) SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan serupa. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan untuk membuat keputusan dalam memecahkan masalah.
Sedangkan menurut Gordon B. Davis (1995) SIM merupakan integrasi manusia atau mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
·       Tujuan Sistem Informasi Manajemen menurut O’Brien dan Marakas (dalam Anggadini, 2012), yaitu untuk menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen, menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, perbaikan berkelanjutan serta menyediakan informasi untuk pengambilan
·         Elemen-elemen SIM:
-          Hardware
-          Software
-          Prosedur
-          Database
-          Model.

3.      Berfokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)

Hasil gambar untuk gambar otomatisasi kantor
              Otomatisasi kantor dapat memberikan kemudahan dalam komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. Otomatisasi kantor telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing.
·      Fungsi otomatisasi kantor yaitu ntuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
·         Aplikasi otomatisasi kantor :
a.       Word processing
b.      Email
c.       Voice mail
d.      Electronic calendering
e.       Audio conferencing
f.       Video conferencing
g.      Computer conferencing
h.      Facsimile transmission
i.        Video text
j.        Imaging
k.      Desktop publishing

4.      Berfokus pada Konsultasi (Expert System/Sistem Pakar)
Hasil gambar untuk gambar SISTEM PAKAR
Expert system merupakan program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
      Komponen sistem pakar :
    a.      User interface, memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
     b.   Knowledge base, menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
c.   Inference engine, memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base.
d.   Development engine, digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.

Referensi :
Anggadini, S. D. (2012). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol.11. No. 2.

Gorgon, D. B. (1995). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Gramedia.

Harya. (2011). Evolusi dan aplikasi sistem informasi berbasis komputer. Depok: Universitas Gunadarma.

Raymond, M. (1995). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Tata, S. (2005). Sistem Informasi manajemen ed 1. Yogyakarta: Penertbit ANDI.


0 komentar on "#SIP_Evolusi CBIS"

Posting Komentar

Sabtu, 07 November 2015

#SIP_Evolusi CBIS



Sebelumnya saya telah membahas mengenai Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS), dan kali ini yang akan saya bahas adalah mengenai evolusi-evolusi dari CBIS. Evolusi sistem informasi manajemen berdasarkan CBIS ini mempunyai banyak peranan dalam kehidupan sehari hari, khususnya dalam bidang basis computer system. Sistem informasi manajemen merupakan sebuah sistem informasi yang memiliki integrasi antar sub sistemnya, dan memiliki tahapan perkembangan yang diawali dari berfokus pada data, berfokus pada informasi, berfokus pada komunikasi, dan berfokus pada konsultasi.

1.      Berfokus pada Data (EDP / SIA)
Nama aplikasi akuntansi berbasis komputer pada awalnya adalah pengolahan data elektronik (EDP) kemudian berubah menjadi Dar Processing (DP) dan Sistem Informasi Akuntasi (SIA). SIA merupakan sistem informasi akuntansi yang melaksanakan akuntansi perusahaan, aplikasi ini ditandai dengan penngolahan data yang tinggi.
·      Pengolahan data, manipulasi atau mentransformasi simbol-simbol seperti angka dan abjad untuk tujuan meningkatkan kegunaannya.
·     Tujuan pengolahan data yaitu untuk mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi informasi serta menyediakan informasi bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan.
·         SIA melaksanakan 4 tugas dasar, yaitu:
-          Pengumpulan data
-       Manipulasi data pengklasifikasian, penyortiran, perhitungan, Pengikhtisaran dan penyiapan dokumen
-          Penyimpanan data
-          Penyiapan data.
·         Karakteristik SIA yaitu melaksanakan tugas yang diperlukan, berpegang pada prosedur yang relatif standar, menangani data yang rinci, berfokus pada historis, menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.

2.      Berfokus pada Informasi (SIM)
Hasil gambar untuk gambar evolusi CBIS SIM
Menurut Raymond McLeod (1995) SIM adalah suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan serupa. Output informasi digunakan oleh manajer maupun non manajer dalam perusahaan untuk membuat keputusan dalam memecahkan masalah.
Sedangkan menurut Gordon B. Davis (1995) SIM merupakan integrasi manusia atau mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen & pengambilan keputusan pada suatu organisasi.
·       Tujuan Sistem Informasi Manajemen menurut O’Brien dan Marakas (dalam Anggadini, 2012), yaitu untuk menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen, menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, perbaikan berkelanjutan serta menyediakan informasi untuk pengambilan
·         Elemen-elemen SIM:
-          Hardware
-          Software
-          Prosedur
-          Database
-          Model.

3.      Berfokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)

Hasil gambar untuk gambar otomatisasi kantor
              Otomatisasi kantor dapat memberikan kemudahan dalam komunikasi dan meningkatkan produktivitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat elektronik. Otomatisasi kantor telah berkembang meliputi beragam aplikasi seperti konferensi jarak jauh (teleconference), voice mail, e-mail (surat elektronik), electronic calendaring, facsimile transmission, dan desktop publishing.
·      Fungsi otomatisasi kantor yaitu ntuk memudahkan segala jenis komunikasi baik lisan maupun tulisan dan menyediakan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
·         Aplikasi otomatisasi kantor :
a.       Word processing
b.      Email
c.       Voice mail
d.      Electronic calendering
e.       Audio conferencing
f.       Video conferencing
g.      Computer conferencing
h.      Facsimile transmission
i.        Video text
j.        Imaging
k.      Desktop publishing

4.      Berfokus pada Konsultasi (Expert System/Sistem Pakar)
Hasil gambar untuk gambar SISTEM PAKAR
Expert system merupakan program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.
      Komponen sistem pakar :
    a.      User interface, memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
     b.   Knowledge base, menyeimpan pengetahuan gabungan yg digunakan untuk memecahkan masalah tertentu.
c.   Inference engine, memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base.
d.   Development engine, digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.

Referensi :
Anggadini, S. D. (2012). Analisis Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer dalam Proses Pengambilan Keputusan. Majalah Ilmiah UNIKOM. Vol.11. No. 2.

Gorgon, D. B. (1995). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT Gramedia.

Harya. (2011). Evolusi dan aplikasi sistem informasi berbasis komputer. Depok: Universitas Gunadarma.

Raymond, M. (1995). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Tata, S. (2005). Sistem Informasi manajemen ed 1. Yogyakarta: Penertbit ANDI.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Oktiviani Copyright © 2011 Girl Music is Designed by Ipietoon Sponsored by web hosting